Breaking News

Apakah Kemagnetan Bumi Sama Dengan Gravitasi?

 

Ketika saya menjelaskan tentang sifat kemagnetan bumi, banyak murid saya yang bertanya, “Pak, berarti kemagnetan bumi lah yang menyebabkan tertariknya semua benda ke bumi, ya?”

 

Benarkah hal itu?
Tidak. Kemagnetan bumi bukanlah gravitasi. Mereka merupakan dua hal yang berbeda.
PERBEDAAN PERTAMA
Ketika kita berbicara tentang kemagnetan bumi, maka kita berbicara tentang gaya tarik bumi terhadap benda-benda ferromagnetik (besi, baja, dll), sedangkan ketika kita berbicara tentang gravitasi, maka tidak ada pengecualian. Semua benda dapat ditarik oleh gravitasi bumi, baik itu benda ferromagnetik atau bukan. Besi, kayu, batu, pasir, udara, semuanya ditarik oleh gravitasi menuju bumi. Jadi, gravitasi menarik segala sesuatu, sedangkan kemagnetan bumi hanya menarik benda-benda ferromagnetik.
PERBEDAAN KEDUA
Baik kemagnetan bumi maupan gravitasi, mereka semua merupakan gaya. Dalam fisika, gaya merupakan besaran vektor karena gaya memiliki arah. Arah dari gaya kemagnetan bumi adalah menuju kutub-kutub bumi (kutub utara atau kutub selatan), sedangkan arah gaya gravitasi adalah menuju pusat bumi. Itulah sebabnya, arah pergerakan kompas (yang ditarik oleh gaya kemagnetan bumi) arahnya adalah ke utara dan selatan kutub bumi, sedangkan arah benda yang jatuh (akibat gaya gravitasi) adalah ke bawah (ke pusat bumi).
PERBEDAAN KETIGA
Gravitasi bumi merupakan gaya yang sangat besar. Bayangkan, molekul udara yang super ringan saja dapat ditarik oleh gravitasi sehingga udara tetap menyelubungi bumi (Andai saja gravitasi bumi lemah, udara akan terbang hilang dan lepas ke luar angkasa). Sebaliknya, kemagnetan bumi merupakan gaya yang sangat kecil. Sebagai buktinya, coba lempar sebuah magnet batangan ke udara, niscaya magnet itu akan jatuh ke bawah. Jika gaya kemagnetan bumi besar, tentu magnet batangan itu akan langsung melayang ke kutub utara atau selatan bumi ketika dilemparkan. Adapun jarum kompas yang dapat tertarik oleh kemagnetan bumi adalah karena jarum kompas itu sangat ringan dan ia diletakkan pada tempat yang minim gesekan sehingga dapat bergerak bebas.
Jadi, jangan lagi rancu antara gaya kemagnetan bumi dan gravitasi, ya? ^_^